HargaBarangBekas.Com adalah tempat menjual barang bekas anda secara gratis ataupun mencari barang bekas berkualitas. Anda dapat menjual barang bekas secara mudah dan cepat disini. Silakan hubungi customer service jika anda kesulitan dalam melakukan penjualan barang bekas disini.
Beranda » » Tips Meningkatkan Omset Penjualan Hingga Puluhan Juta di Tokopedia

Tips Meningkatkan Omset Penjualan Hingga Puluhan Juta di Tokopedia

Ditulis pada: 26 Februari 2021 | Kategori:

Tips meningkatkan omset penjualan hingga puluhan juta di tokopedia saat kondisi ekonomi lesu di masa pandemi seperti sekarang ini, mungkin hal yang sulit bagi beberapa seller di tokopedia. Pada artikel ini saya akan coba memberikan beberapa tips yang mungkin berguna bagi beberapa seller yang baru saja bergabung atau sedang mengalami masa-masa sulit dalam berjualan di marketplace tokopedia. Hal ini dikarenakan di masa pandemi corona yang belum juga usai dan memaksa kita sebagai seorang pedagang harus memutar otak serta punya banyak strategi cadangan saat toko kita sepi. Saya sendiri sebagai seller di tokopedia sebenarnya tidak merasa sepi dan cenderung stabil walaupun ada sedikit naik turun setiap bulannya. Bagi saya hal itu wajar, dan salah satu seni dari berdagang online di marketplace. Untuk omset saya sendiri memang tidak banyak, serta marketplace tempat saya jualan dan berbisnis yang menghasilkan puluhan juta baru di tokopedia dan shopee saja. Untuk bukalapak masih di kisaran 500 rb – 1 juta saja dalam 1 bulan, dikarenakan minimnya transaksi dan makin turunnya pamor dari bukalapak. Berikut ini adalah tampilan dari hasil berjualan selama 1 bulan di tokopedia.

Mungkin hasil omset diatas sangatlah sedikit dibandingkan dengan toko dari master dan suhu-suhu yang sudah lama berjualan di Tokopedia. Namun hasilĀ  diatas, bagi saya seorang seller yang baru berjualan 2 tahun di Tokopedia dan langsung menghadapi tantangan di masa pandemi corona seperti ini. Hasil omset tersebut sudah sangat lumayan, karena bisa mendapatkan keuntungan sekitar 25% dari omset diatas di 1 marketplace yaitu tokopedia.

Berjualan di Tokopedia saat ini masih sangat menguntungkan, walaupun menurut data insight yang ada, tokopedia cuma menjadi ecomerce no 2 setelah shopee yang merupakan pemuncak ecomerce dengan pengunjung dan transaksi terbanyak di Indonesia. Agar mendapatkan penjualan yang memuaskan di platform manapun sebenarnya kita sebagai penjual dituntut kritis dan jeli dalam mengamati pergerakan market. Ada beberapa tips yang akan saya bagikan bagaimana meningkatkan omset penjualan hingga puluhan juta di tokopedia.

  1. Strategi dagang saya selama 2 tahun ini di tokopedia adalah dengan strategi riset market di wawasan pasar. Dengan membuka wawasan pasar, kita tahu produk apa yang dibutuhkan buyer saat ini, dan toko yang sedang jadi pemimpin di market yang sedang kita geluti. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah buka https://seller.tokopedia.com/statistic/market-insight
  2. Terus buntuti toko yang menjadi pemimpin di market yang ingin kita geluti. Carilah produk sejenis seperti yang dijual toko tersebut dan masukkan produk itu kedalam etalase toko kita. Bisa produk dengan merk yang berbeda atau lebih baik lagi jika kita memiliki produk yang sama merknya dengan mereka.
  3. Setelah mengetahui produk yang sedang dibutuhkan pembeli atau pasar, cari tahu juga bagaimana anda bisa dapat harga yang lebih murah dari produsen. Harga yang kita dapat dari produsen tersebut, wajib lebih murah daripada harga kompetitor kita yang ada di tokopedia.
  4. Amati setiap produk kompetitor yang selalu tampil di halaman pertama tokopedia, saat kita menulis kata kunci produk yang kita jual. Lihat bagaimana mereka menuliskan produk tersebut sehingga bisa menjadi paling atas, amati produk mereka mulai judul produk, deskripsi, produk terjual dan ulasan produknya.
  5. Selalu gunakan judul produk sesuai keyword sugestion yang tersedia di menu search tokopedia.
  6. Jangan lupakan Topads atau iklan untuk menarik pengguna tokopedia melihat produkmu dan tokomu. Gunakan budget iklan topads selalu dibawah 2% total omset bersihmu. Jangan nafsu dalam melakukan top up saldo topads, jika top up saldo yang kemaren belum menghasilkan omset sesuai rumus diatas (tidak berlaku untuk toko baru).
  7. Alogaritma pencarian dan ranking produk di tokopedia sangat dipengaruhi dengan ulasan, produk terjual, dan reputasi toko. Untuk toko baru, anggaran iklan topads untuk mengejar ketertinggalan akan hal ini dari kompetitor. Jadi usahakan bagaimana topads anda bisa menghasilkan penjualan setiap minggu minimal 7 pesanan.
  8. Jangan lupa aktifkan power merchant dan program bebas ongkir dari tokopedia untuk menggaet para calon buyer di tokomu.
  9. Berikan selisih harga Rp. 100 sampai Rp. 1000 dari produk terlaris dan toko yang sudah dulu menguasai market produk yang anda jual. Yang terpenting selisih ini masih bisa memberikan anda keuntungan(yang dinamakan keuntungan adalah selisih harga jual dikurangi modal, biaya packing, topads dll.)
  10. Judul produk dan deskripsi baru akan berfungsi dengan baik jika ulasan, produk terjual dan reputasi toko anda sudah bagus. Usahakan judul produk yang anda jual menggunakan kata spesifik dan sesuai dengan keyword sugestion yang ada di tokopedia. Untuk deskripsi produk silakan tulis kembali judul di awal dan akhir penjelasan deskripsi produk anda.
  11. Foto produk yang akan anda jual semenarik mungkin dan hasil foto sendiri. Dalam berjualan online yang kita tawarkan pada calon buyer hanyalah sebuah foto. Produk yang mereka mau beli, baru bisa mereka terima setelah mereka transaksi karena tertarik dengan foto produk kita.
  12. Berdoa, bersedekah, dan jangan lupa kasih sedikit uang tip untuk kurir yang mengambil barang kita.

Mungkin hanya sedikit tips dari saya tentang bagaimana meningkatkan omset hingga puluhan juta di tokopedia yang bisa saya bagikan disini. Bagi anda para seller/pedagang online di tokopedia, tips diatas semoga bermanfaat buat para pejuang rupiah di tokopedia. Memang kita semua berada di masa-masa sulit selama pandemi corona ini. Tapi kita harus mencari solusi dari tiap masalah yang datang dan tetap bersemangat jualan untuk dapat menghidupi keluarga kita dirumah. Salam sukses dan semangat terus para seller dan pejuang rupiah.

Tips Meningkatkan Omset Penjualan Hingga Puluhan Juta di Tokopedia | Jual Mobil, Motor, Properti, dan Barang Bekasmu Disini

Tags:

Belum ada Komentar untuk Tips Meningkatkan Omset Penjualan Hingga Puluhan Juta di Tokopedia

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

r Info Terbaru

Teknik SEO Cara Agar Produk atau Barang Menjadi Yang Teratas di Tokopedia

P 3 Maret 2021 ,

Teknik SEO agar produk atau barang menjadi yang teratas di tokopedia adalah salah satu tema yang akan kita bahas disini. Kenapa mesti seo di tokopedia ? Dikarenakan di tokopedia tidak ada fitur naikkan produk seperti di shopee dan kita sebagai... Selengkapnya)

Tips Meningkatkan Omset Penjualan Hingga Puluhan Juta di Tokopedia

P 26 Februari 2021 ,

Tips meningkatkan omset penjualan hingga puluhan juta di tokopedia saat kondisi ekonomi lesu di masa pandemi seperti sekarang ini, mungkin hal yang sulit bagi beberapa seller di tokopedia. Pada artikel ini saya akan coba memberikan beberapa tips yang mungkin berguna... Selengkapnya)

Trik Jitu Mendapatkan Ulasan Bintang 5 di Shopee dan Tokopedia

P 25 Februari 2021 ,

Trik jitu mendapatkan ulasan bintang 5 di shopee dan tokopedia dari saya selaku seller di 3 marketplace besar di indonesia seperti shopee, tokopedia dan bukalapak. Pengalaman saya berjualan di 3 marketplace terbesar di indonesia selama 2 tahun ini, ingin saya... Selengkapnya)